logo ADS IPB agribusiness development station

2007

Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Taiwan Technical Mission (Misi Teknik Taiwan) membangun sebuah proyek agribisnis hortikultura bernama Agribusiness Development Center (ADC).

Fasilitas ADC tersebut dibangun di lahan seluas +/- 6 ha. Lahan tersebut merupakan lahan milik IPB dibawah pengelolaan University Farm IPB.

Misi Teknik Taiwan menugaskan 4 orang tenaga ahli (expert) di bidang budidaya jambu kristal, budidaya sayuran organik, budidaya sayuran konvensional, dan pemasaran untuk menjalankan keseluruhan kegiatan ADC. Sedangkan IPB menunjuk Kepala University Farm (UF) untuk mendampingi pelaksanaan kegiatan tersebut.

Salah satu program Misi Teknik Taiwan dalam proyek ADC adalah dikenalkannya tanaman jambu kristal yang kini buahnya banyak dicari oleh konsumen.

2011

Dalam rangka peningkatan kapasitas sumberdaya manusia dan alih kontrol ADC ke IPB, maka IPB menugaskan 4 orang sebagai tim counterpart untuk belajar mengenai proses pengembangan agribisnis hortikultura di ADC.

2014

Proyek ADC di serahkan ke IPB, dikelola oleh 4 orang counterpart dan tim khusus yang dibentuk oleh Kepala UF. Misi Teknik Taiwan beralih fungsi sebagai tim konsultan, dan  keseluruhan proyek ADC dipertanggungjawabkan kepada Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama IPB. Proyek ADC berakhir pada Desember 2014.

2015

IPB mentransformasi proyek ADC menjadi institusi bernama Agribusiness Development Station (ADS) yang bersifat otonom di bawah koordinasi Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) IPB.

Copyright © 2017  Agribusiness Development Station

Jl. Carang Pulang No.1, Cikarawang, Dramaga, Bogor, Jawa Barat 16680, Indonesia

Phone: +62 251 8425627 | Fax: +62 251 8425712 | Mail: info@adsipb.com