logo ADS IPB agribusiness development station

Wartawan Bogor Ikuti Pelatihan Budidaya Jambu KRistal di ADS-IPB

11 Mei 2016

Para wartawan dari media cetak, elektronik dan online di Bogor berkesempatan mengikuti program pelatihan budidaya jambu Kristal, di lokasi kebun produksi Agribusiness Development Station (ADS) IPB, di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Rabu, (11/5/2016).

Manajer Produksi ADS, Ezipotia Rusli mengatakan, program pelatihan budidaya jambu kristal bagi insan jurnalis di wilayah Bogor ini baru kali pertama dilakukan ADS. “Pelatihan berlangsung hanya sehari saja. Tapi kalau rekan rekan wartawan atau pihak-pihak lain juga tertarik lebih jauh, kami di ADS siap membantunya,” kata Rusli.

Lebih lanjut Rusli berharap, melalui program pelatihan budidaya jambu Kristal dan jambu Mutiara bagi para insan pers di Bogor ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan para jurnalis, khususnya dibidang pertanian bididaya jambu kristal dan jambu mutiara yang kini terus dikembangkan di kebun produksi ADS IPB.

“Jambu kristal ini memiliki cita rasa yang unik, bijinya renyah, menyegarkan, manis, banyak kandungan vitamin dan atioksidan tinggi. Maka dari itu jambu ini banyak diburu untuk dikonsumsi menjaga stamina dan kasehatan,” ungkapnya.

Menurut Rusli, ADS di Cikarawang Bogor saat ini memiliki 20 petani mitra yang menanam jambu kristal di wilayah Bogor. “Mitra petani kita itu tersebar di wilayah Desa Cikarawang ini, Cimayang, Bantarsari, Cibatok dan sebagian ada di wilayah Kota Bogor,” terangnya.

ADS selaian memberikan program pelatihan dan pembinaan bagi para petani mitranya, ternyata juga membuka program pelatihan untuk umum khususnya di bidang agribisnis. “Program pelatihan agribisnis yang kami berikan di sini meliputi program pembibitan, menanam, merawat, dan menjual hasil panennya ke pasar. Sebab di ADS juga menampung dan menjual hasil produksi para petani ke supermarket dan mitra kami,” ungkapnya.

Rusli mengatakan, sejak 2007 jambu kristal itu pertama kali dibawa dan diperkenalkan kepada para petani jambu di Bogor, pangsa pasarnya terus meningkat. “Saat ini untuk memenuhi permintaan pasar lokal saja kita masih kekurangan. Harga jambu kristal grade A per kilonya dijual Rp27 ribu. Sedangkan untuk grade B Rp.17 ribu/kg,” pungkasnya.

Sumber: RRI JAKARTA

Indeks

Copyright © 2017  Agribusiness Development Station

Jl. Carang Pulang No.1, Cikarawang, Dramaga, Bogor, Jawa Barat 16680, Indonesia

Phone: +62 251 8425627 | Fax: +62 251 8425712 | Mail: info@adsipb.com